-->

Mengenal Apa Itu Ayam Hias


Banyak yang menyebut ayam hias, maksudnya ayam hiasan, ayam berhias atau ayam yang di hias ? 
Para penggemar, penghobi dan penangkar ayam hias mungkin juga bingung kalau di tanya apa itu ayam hias.

Pengertian ayam hias

Menurut kami ayam hias adalah ayam yang memiliki keunikan, keindahan, nilai seni baik di lihat dari bentuk fisualnya, warnanya, karakter/perilakunya dan juga suaranya.

Secara baku mungkin pemahaman atau penilaian orang akan beda-beda dalam menilai segi keindahan ataupun keunikan seekor ayam, akan tetapi tentu saja setiap jenis ayam sudah memiliki standar yang ditetapkan. Sayang di Indonesia belum ada lembaga atau asosiasi yang mengeluarkan standar ayam hias.

Berbeda dengan negara Amerika dan Eropa yang memiliki Asosiasi yang mengeluarkan standar of perfection setiap jenis ayam. Informasi tentang ayam hias di Indonesia menyangkut standar masing-masing ayam masih sangat minim

Kategori ayam hias

Setiap ayam memiliki kelebihan yang berbeda tentunya. Yang di nikmati suaranya belum tentu enak untuk di nikmati bentuk atau warnanya. Sebaliknya yang warnanya bagus juga belum tentu memiliki suara yang bagus. 
Kami hanya bisa membagi jenis ayam hias menurut ukuran, bentuk, warna dan suaranya.
  1. Ayam Bantam atau ayam hias yang berukuran kecil seperti Kate, Serama dan beberapa ayam versi mini dari yang memiliki versi large.
  2. Ayam hias Large yang memiliki postur ideal hingga besar seperti ayam brahma, indio gigante dan sebagainya.
  3. Ayam Hias yang dinikmati suaranya seperti Ayam pelung, ayam ketawa dan ayam bekisar.
  4. Ayam hias yang dinikmati tampilan dan warna bulunya seperti ayam merak, Ayam onagadori, ayam pheasant dan lain lain. 


Pecinta Ayam Hias

Seperti jenis ayam hias yang macam-macam, para penghobi ayam hias juga memiliki kelasnya sendiri sendiri. Seperti pecinta ayam pelung yang konsisten mengadakan lomba ayam pelung. Pecinta ayam Kate yang juga sering mengadakan lomba ayam kate. Pecinta ayam ketawa, Ayam Hutan, Ayam Bekisar dan lain sebagainya. Namun tak jarang untuk penangkar yang memiliki atau mengembang biakkan bermacam macam jenis ayam hias.

Para penghobi ayam hias tersebar di seluruh indonesia. Jogja, Jakarta, Surabaya, Semarang, dll

Pasar Ayam Hias

Market, pasar atau sebut saja bursa ayam hias di Indonesia masih sangat bagus. Hilang satu tumbuh seribu istilah yang boleh di pakai. 1 penghobi bosan dengan ayamnya muncul puluhan penghobi lain di kalangan pecinta ayam hias. Lihat saja di media sosial ratusan grup ayam hias aktif dan masing-masing memiliki anggota. Masing masing group menawarkan segala jenis ayam hias. Untuk harga ayam hias juga sangat bervariasi. Tergantung kepada suplie and demand.

Peluang bisnis ayam hias

Prospek bisnis ayam hias masih sangat menggiurkan. Permintaan ayam hias terus mengalir dari penghobi dan kolektor. Dari jenis yang paling murah hingga jenis ayam yang paling mahal. Seperti ayam pheasant yang harganya puluhan juta. American silkie yang masih mahal. Dan Ayam poland yang tetap bertahan. 

0 Response to "Mengenal Apa Itu Ayam Hias"

Post a Comment