-->

Mengenal Ayam Hias American Silkie

Mengenal ayam hias American Silkie pendatang baru di bursa ayam hias Indonesia. Mungkin kita telah lama mengenal ayam kapas, ayam unik dengan bulu halus seperti kapas. Mereka memiliki keunikan yang khas dimana jari kaki berjumlah 5 tidak seperti ayam biasa yang memiliki jari 4. Kulitnya berwarna biru kehitaman dan dagingnya berwarna hitam seperti ayam cemani.



Ayam Hias American Silkie

Di tahun 2018 beberapa peternak dan penghobi ayam hias mendatangkan atau mengimport ayam yang sangat lucu, unik dan menarik. Ayam ini memiliki bulu kapas dan juga berjari 5. Secara keseluruhan ayam ini adalah ayam kapas namun lebih menarik.

Jambul atau bulu di kepalanya lebih lebat dan lebih bulat. Tampilannya juga lebih bulat dengan bulu lebat hingga menutup kaki mereka. Beberapa orang yang melihat menjulukinya ayam anggora karena mirip dengan kucing anggora.

American silkie adalah ayam kapas yang berasal dari Amerika. Meski berdasarkan penelusuran kami di Asosiasi Unggas Amerika ayam ini berasal dari Cina, sama dengan ayam kapas sebelumnya yang beredar di bursa ayam hias Indonesia. Entah bagaimana mereka bisa memiliki penampilan yang begitu cantik dan menarik, tidak jelas apakah ayam American silkie ini hasil silangan dengan ayam lain atau asli seperti itu.



Bukan Silangan Kapas x Poland

American silkie adalah asli ayam kapas. Entah bagaimana asalnya sehingga dari ayam kapas yang biasa kita kenal hanya memilki bulu putih sekarang muncul warna bulu bervariasi. Dari beberapa literasi ayam kapas berasal dari Cina yang kemudia berkembang ke Jepang, Eropa dan Amerika lebih dari 2 abad yang lalu.

Variasi warna ayam american silkie :

  • White 
  • Buff 
  • Black 
  • Gray 
  • Blue 
  • Splash 
  • Partridge 
  • Lavender (not recognized by American Poultry Association) 
  • Cuckoo (not recognized by American Poultry Association) 
Beberapa peternak ayam hias di Indonesia mencoba membuat atau menghasilkan ayam yang mirip American Silkie ini dengan menyilangkan ayam kapas dengan ayam poland. Namun tentu saja hasilnya berbeda dengan american silkie yang asli. Ada juga yang menyilangkan ayam kapas dengan ayam batik atau ayam cemani untuk menghasilkan warna ayam kapas coklat, merah dan hitam. Namun sekali lagi ayam yang dihasilkan dari persilangan ini berbeda dengan american silkie asli.

Harga Ayam Hias American Silkie

Populasi ayam ini masih jarang di Indonesia. Belum banyak para peternak yang memiliki dan membudidayakan ayam american silkie. Karena itu harga ayam american silkie masih sangat mahal.
Harga jual anakan american silkie masih berkisar 1 juta per ekor, sedangkan harga indukan american silkie bisa mencapai 10-15 juta perpasang.

Untuk harga ayam hias american silkie tentu berdasarkan usia dan jenisnya.  Beberapa jenis memiliki warna yang sangat menarik dan sangat unik. Tak heran jika harganya mencapai puluhan juta rupiah.



Perawatan Ayam American Silkie

Memiliki bulu kapas yang lebat tentunya perlu perawatan extra. Seperti kucing anggora yang harus di “grooming” sepekan atau sebulan sekali. Memandikan ayam adalah perkara yang tidak mudah, karena seperti kucing mereka juga tidak suka dengan air. Padahal sebagai ayam mereka senang sekali mandi pasir atau “kekipu” bahasa jawanya.

Dengan demikian kita perlu memberikan kandang yang bersih dan kering. Kandang basah dan lembab bukan hanya membuat kotor bulu ayam kapas, tapi juga dapat menimbulkan penyakit. Periksa sebulan sekali apakah ada kutu (gurem) pada bulu-bulu mereka. Untuk masalah kutu ayam dapat diatasi dengan “kututox” yang dapat ditaburkan langsung pada bulu mereka atau dimandikan

0 Response to "Mengenal Ayam Hias American Silkie"

Post a Comment