-->

Mengenal Ayam Hias White Face Spanish

Mengenal ayam hias white face black spanish atau yang biasa hanya di panggil ayam white face. Ayam ini belum lama masuk ke Indonesia sehingga populasinya masih langka. Belum banyak kolektor pecinta ayam hias yang memiliki ayam white face. Di tambah lagi produksi ayam ini di kenal sulit. Beberapa peternak ayam hias mengaku kesulitan untuk membudidayakan ayam hias yang satu ini.

Asal Ayam White Face

White face black spanish chicken sesuai namanya berasal dari Spanyol. Ayam ini dipercaya sebagai salah satu jenis ayam hias tertua di dunia. Mereka mulai dimasukkan ke dalam Standar Kesempurnaan Asosiasi Unggas Amerika pada tahun 1874 ( Standar of Perfection American Poultry Association ). Nasib ayam ini seperti halnya ayam Black Sumatra yang menyebar ke seluruh dunia namun langka di negara asalnya. Dalam dunia satwa sering terjadi hal yang demikian dimana mereka punah di negara asalnya namun dikembangkan dengan baik di negeri orang.

Ciri-Ciri White Face Chicken

Dinamakan ayam white face karena mereka memiliki wajah putih sehingga sering di sebut juga ayam muka badut. Bulu hitam legam mengkilap  seperti black sumatra. Pejantan memiliki jengger wilah (single comb) yang besar dan tegak, sedangkan jengger pada whitw face betina agak lemas menyamping.

Gelambir merah panjang menggelantung di bawah kepala. Penampilannya yang unik lain dari ayam biasa membuat kharisma tersendiri sehingga banyak kolektor pecinta ayam hias yang ingin memiliki.
Untuk anakan hingga remaja belum begitu terlihat muka putih ciri khas white face chicken, baru pada usia dewasa di atas 1 tahun muka mereka berubah. Semakin tua akan terlihat semakin eksotis.

Berat ayam hias white face jantan rata-rata 2,5-3 kg dan berat ayam betina sekitar 2-2,5 kg. Ada juga varietas bantam yang tersedia dari jenis ayam ini yang berarti ukuran kecil dengan berat di bawah 750 gram.


Harga Ayam Hias White Face

Karena ayam ini tergolong baru dan langka di bursa ayam hias Indonesia, harga jual ayam white face masih relatif mahal.  Harga ayam hias white face chicken anakan saja masih berkisar 5-7 juta perpasang. Dapat diperkirakan harga indukannya. Karena sulitnya mengembangkan ayam jenis ini, kemungkinan harganya akan bertahan lama di bursa ayam hias Indonesia.

Seperti juga ayam ga tre tan chau yang merupakan pendatang baru di dunia hobi ayam hias Indonesia ayam hias white face spanish akan diburu oleh para kolektor, penghobi dan peternak ayam hias Indonesia.

0 Response to "Mengenal Ayam Hias White Face Spanish"

Post a Comment